ALUMNI

Jurusan Teknik Perkapalan tidak memiliki Himpunan Alumni secara khusus, himpunan Alumni ini dikelola seluruhnya oleh Pembantu Rektor III dan Ikatan Keluarga Besar Alumni (IKBA) ITATS. Himpunan alumni jurusan masih terbentuk secara informal belum terwadahi secara khusus, antara lain: Alumni Batam dan Karimun, Alumni Surabaya dan sekitarnya. Himpunan ini mengadakan pertemuan minimal satu kali dalam setahun, ini dilakukan untuk menjaga hubungan dengan pihak kampus dan antar alumni sendiri dan mengupdate informasi Alumni. Hasilnya Alumni bisa memberikan informasi lowongan pekerjaan dari perusahaan masing – masing untuk Mahasiswa yang akan lulus melalui mailinglist mhs-kapal-itats@googlegroups.com atau Facebook kapal-ITATS. Keterlibatan alumni dilakukan dalam bentuk:

  1. Sumbangan dana, dilakukan dengan memberikan sumbangan dana untuk pengembangan jurusan, tetapi jumlahnya masih terbatas.
  2. Sumbangan fasilitas, bentuk sumbangan ini dilakukan dalam sumbangan buku keperpustakaan pada saat menjelang wisuda. Pembelian buku dikoordinir oleh ketau perpustakaan dan disesuaikan dengan kebutuhan buku/jurnal/standar yang diperlukan jurusan.
  3. Keterlibatan dalam kegiatan akademik, keterlibatan ini dilakukan dalam bentuk masukan pada saat penyusunan visi, misi dan tujuan, keterlibatan sebagai narasumber dalam kegiatan kuliah tamu, memberikan masukan pada saat dilakukan evaluasi kurikulum.
  4. Pengembangan jejaring, keterlibatan dalam pengembangan jejaring dilakukan dalam bentuk memperkenalkan nama jurusan pada perusahaan dimana alumni bekerja, menjembatani kesepakatan kerjasama dengan pihak kampus, membantu adik kelas dalam hal kegiatan magang diindustri, membantu adik kelas dalam pencarian data-data untuk penulisan skripsi, membantu menyediakan tempat untuk kunjungan industry dan kuliah lapangan. Disamping itu juga memberikan info-info tentang lowongan pekerjaan yang bisa dimasuki oleh para lulusan.

Penyediaan fasilitas pengembangan akademik, kegiatan kontribusi  alumni dalam kegiatan ini dilakukan dalam bentuk informasi perkembangan teknologi maritim kepada kampus, membantu menyediaakan rule atau standar klasifikasi, membantu dalam hal keterlibatan dosen dalam asosiasi profesi.

 

INSTITUT TEKNOLOGI ADHI TAMA SURABAYA (ITATS)